Cintiq 13 HD review

Review CintiQ 13 HD Bahasa Indonesia.

photo_2016-08-24_06-28-33

Berkat join bareng temenku, alhamdulillah aku dapat kesempatan pake CintiQ, jadi dipinjemin, bukan punya gue, catet.
Banyak yg ngidam alat itu, aku juga. ini review aku :
.
Positif :
– CintiQ langsung bisa nggambar di layar, memudahkan usernya terutama untuk bagian2 detil

photo_2016-08-24_06-28-28
– Pen Grip nya enak banget, sangat ergonomik dan nyaman dipake, di bagian pas di pegangnya di kasih rubber jd gak licin kayak pen intuos
– Masih pen grip lagi, ujung pen grip bisa juga difungsikan berlawanan sama ujung penanya, misal di jadikan penghapus. kalo susah bayanginnya, itu loh kayak pensil yg udah sekalian ada penghapus di atasnya gitu.

penampakan bedanya pen grip intuos dan CintiQ //maaf itu backgroundnya berantakan😀

photo_2016-08-24_06-28-24
– Fleksibel, bisa nggambar di posisi apapun
– Color depth layarnya tajam, di bandingin sama PC dengan VGA ATI radeon /Nvidia/ Intel HD sepertinya masih tajam di CintiQ
.
Nah Negatifnya..:
– Kabelnya banyak. jadi tuh ada 3 slot kabel harus terpasang semua, 1 kabel power, dia butuh power sendiri ternyata tidak seperti pentab biasa. 1 kabel HDMI untuk graphicnya (ini susah kalo gak punya slot hdmi), dan 1 slot USB. itu harus terpasang semua.
– lumayan berat 😀 okeh ini agak ga penting, tapi repot juga kalo harus bawa laptop dan ini sekaligus karena berat, ada 2KG sama kabel2nya.
– Enaknya bekerja dengan komputer desktop yang keyboardnya terpisah. kalo pakai laptop. agak susah kalo mau kerja pake shortcut2 di aplikasinya
– Soal Color depht. Ini ada negatifnya, aku sadar kemaren, karena dia warnanya terlalu tajam, jadi gambar yg disitu kita pikir warnanya udah cerah, ternyata dilihat di perangkat lain enggak. mungkin ada settingan khusus color, tapi aku gak tau.
.

Kalo ditanya worth nggak dengan harga mahal? aku bilang ini Worth banget. keren😀
sudah segitu aja. semoga berkenan. //kabur

Cara menggambar Chibi / Chibi Tutorial

Chibi adalah gambar karakter 2D dengan proporsi bentuk tubuh yang mungil, Chibi dikaitkan dengan karakter anime jepang, arti chibi dalam bahasa jepang sendiri berarti kecil. Dalam menggambarnya, artist memiliki perpektif komposisi yang berbeda beda satu sama lain. Tapi pada dasarnya sama yaitu, tubuh mungil.

Saya lebih suka membuat chibi dengan proposi kepala:tubuh sebesar 1:3

Contoh :

Langkah-langkah menggambar chibi :

  1. Mulai dengan sketsa simple sebagai basis pose
    step0
  2. Sketsa untuk design karakter secara lebih detail
    step1
  3. Sketsa lagi untuk penambahan kostum dan koreksi pose
    step2
  4. Membuat line art/ garis tepi yang lebih rapi
    step3
  5. Pemberian block bidang gambar, ini untuk memudahkan pemberian warna
    step4
  6. Pemberian warna-warna dasar
    step5
  7. Shading dan effek
    step6

Tools : Wacom Intuos + Paint Tool Sai
Artist : Akevia
IG : @akevikun
Deviantart : destranger.deviantart.com

Membaca file excel dengan PHP (excelreader)

Tag : Membaca file excel dengan PHP (excelreader), menggunakan excelreader di php, mengimport excel ke database mySQL lewat PHP

Kali ini saya mau bagi project sederhana yg sepertinya sudah kadaluwarsa sih, tapi bagus buat pemula. Jadi di tutorial ini, kita akan mencoba membaca file excel dan mengimport isinya ke database mySQL lewat PHP.

Langkah-langkahnya dibagi menjadi 3 bagian.

  1. Persiapan Database
  2. Persiapan template file excel
  3. Eksekusi

Persiapan database, saya harap sudah bisa bikin database di mysql, jadi langsung saja siapkan table db dengan property sbb:

Nama database = ilmucerdas
Nama tabel = artikel

111

Persiapan template file excel, buatlah file excel dengan template berikut, Kemudian save dengan format office 97-2003 workbook.

222

lalu isi beberapa input, dan save. contoh:

Capture

Eksekusi, folder baru di htdocs, di dalam folder tsb buat file upload.php dengan code berikut:


 

<fieldset><legend>&nbsp; Upload Data &nbsp;</legend>
<form action="upload_proses.php" method="post"
enctype="multipart/form-data">
Upload file data (excel)<br />
<input type="file" name="excel" />
<br>
<input type="submit" value="Upload"/>
</form>
</fieldset>

*) nama folder saya = ilmucerdas

Lalu buat file upload_proses.php dengan code berikut :

<?php
mysql_connect("localhost","root","");
mysql_select_db("ilmucerdas"); // nama database masing-masing
include "excelreader/Excel/reader.php";
$edata = new Spreadsheet_Excel_Reader();
$edata->setOutputEncoding('CP1251');
if($_FILES['excel']['tmp_name'])
{$edata->read($_FILES['excel']['tmp_name']);}
error_reporting(E_ALL ^ E_NOTICE);
$arr=array();
for ($i = 2; $i <= $edata->sheets[0]['numRows']; $i++)
{for ($j = 1; $j <= $edata->sheets[0]['numCols']; $j++){
$arr[$i][$j]=$edata->sheets[0]['cells'][$i][$j];}
$data_judul = $arr[$i][1];
$data_penulis = $arr[$i][2];
$data_isi = $arr[$i][3];
$sql = "insert into artikel(judul, penulis, isi) 
values ('$data_judul','$data_penulis','$data_isi')";
mysql_query($sql);
}
?>

Apabila muncul eror seperti ini : Warning: include(excelreader/Excel/reader.php): failed to open stream: No such file or directory in C:\xampp\htdocs\ilmucerdas\upload_proses.php on line 4

Warning: include(): Failed opening ‘excelreader/Excel/reader.php’ for inclusion (include_path=’.;C:\xampp\php\PEAR’) in C:\xampp\htdocs\ilmucerdas\upload_proses.php on line 4

Fatal error: Class ‘Spreadsheet_Excel_Reader’ not found in C:\xampp\htdocs\ilmucerdas\upload_proses.php on line 5

Jangan bingung, karena ada langkah yg belum di lakukan. Untuk menghilangkan eror, download file excel reader dan extract dan taruh di folder utama.

gmb3

testing…………….

Data di database sebelum file di upload.

Capture

Upload file

Capture

Hasil di phpmysql setelah di upload :

Capture

yey, data berhasil masuk. keseluruhan project ini bisa di download di sini :

icwp-download button copy

Semoga bermanfaat. Jika ada yg ditanya silahkan tinggalkan komentar, atau mampir ke fb saya🙂 Terimakasih🙂

 

Merubah tampilan koding di dreamwever

Ketika ngoding programmer pasti membutuhkan kenyamanan, agar bekerja lebih enak. Di beberapa text editor, untuk ngoding program beberapa saya tidak terlalu suka tampilannya, kayak dreamwever,  karena berbagai hal,

  1. Karena fontnya kecil-kecil
  2. Latar yang terlalu mencolok

Untuk merubah tampilan UI di dreamwever, langkahnya mudah.

  1. Buka aplikasi dreamwever
  2. Klik Menu Edit
  3. Pilih Preference atau Ctrl + U
    preference
  4. Untuk merubah background dasar Pilih Category Code Coloring, lalu pilih warna yang anda inginkan
    code coloring
  5. Untuk merubah font code Pilih Fonts -> Ubah font untuk Code View
    fonts
  6. Klik Ok.

berikut contoh perubahan tampilannya:

Sebelum : sebelumsesudah

Semoga bermanfaat🙂

Give away Pulsa menuju 1juta view

giveaway

Tak terasa blog gak jelas ini hampir dapat 1 juta views, bukan hal yang besar sih, tapi saya seneng saja karena blog ini dapat atensi pembaca walaupun dalam jumlah kecil (soalnya banyak yg dapat views berkali-kali lipat dari blog saya)

Sebagai rasa terimakasih untuk pembaca blog saya, saya mau kasih give away pulsa 10 ribu rupiah untuk 3 orang pemenang, peserta akan mendapat id dan dipilih acak lewat http://random.org.

Pemenang akan dipilih ketika blog ini sudah tembus 1juta views.

Bagi yang ingin ikutan, silahkan inputkan nama, dan nomor hp yang aktif di form pada link di bawah :

http://goo.gl/forms/ibx3OzrjYy

Terimakasih😀

Fix Limited access pada android hotspot tethering

Hallo, saya post ini berdasarkan pengalaman aja, cara nge fix in limited internet akses pada etering android. Kronologinya, limited akses hanya di komputer saya aja, saya coba konek dengan laptop temen ternyata bisa.

Sebelumnya saya coba cara dengan menghilangkan password tetering, restart laptop dan masih gak bisa, dan saya iseng coba cara ini, alhamdulillah berhasil😀

berikut langkah2nya:

  1. Kenampakan akses internet yang masih limited
    artikel2artikel1
  2. Klik kanan hotspot yg terhubung, pilih view connection propertiesartikel3
  3. Setelah itu akan muncul box seperti ini, klik pasa tombol ADVANCE SETTING
    artikel4
  4. Centang kolom enable federal blabla..
    artikel5
  5. Klik OK –> OK lagi
    artikel6
  6. Refresh halaman dan taraa,, koneksi internet berhasil terhubung
    artikel7

Oke, gitu aja sih😀 semoga bisa bermanfaat.

Fix “Assigning the return value of new by reference is deprecated”

lagi ngoding enak-enak, lalu muncul error : “Assigning the return value of new by reference is deprecated in…/phpexcel/reader.php on line 259”
setelah membaca beberapa artikel di stackoverflow, alhamdulillah dapat solusi.
saya tunjukin line code nya :

Capture

Kata mastah-mastah, cukup dengan menghilangkan tanda “&” .Saya kurang paham penjelasan lengkapnya kenapa, tapi abis itu, coding jalan lancar😀 ma’af kalo postingan ini gaje😀 mudah-mudah bermanfaat

Situs-situs Freebies Mockup design keren

Okeh, ini situs-situs rekomendasi saya buat nyari free mock-up untuk keperluan show off ke client😀 Bagi yg belum tau mock up, mock up sejenis template yang di buat sedemikian rupa yang bisa diaplikasikan karya kita di dalamnya, gampangnya, karya kita itu fotonya, dan mock-up itu framenya. Mock-up banyak jenisnya tergantung kebutuhan design, mulai dari kartu nama, website, applikasi, flyer, majalah, merchandise gelas, cangkir, dll. Contoh design mock up:

Temen-temen silahkan menambahkan referensi jika berkenan😀

Brands (merek) Cat air dari kualitas pelajar – menengah – dan profesional

Berikut adalah brands atau merek – merek cat air dari kualitas pelajar/pemula -menengah – profesional. (BIG NOTE) author tidak dibayar apapun dalam menulis review ini, sekurang-lebihnya ini adalah sharing hasil pengalaman dan pengamatan author sendiri😀

Untuk kalangan pelajar biasanya menginginkan property yang ekonomis dengan kualitas lumayan bagus, berikut adalah beberapa merek dengan harga ekonomis dan kualitas cukup baik. Budget berkisar antara IDR 40.000 – 300.000 (bergantung pada jumlah set warnanya juga)

  1. Fabercastell Paint Cake watercolor
  2. Maries Watercolor
  3. Pentel WFRS Watercolor
  4. Sakura Koi Watercolor

Medium (menengah) di list ini ada yang dijual per set ada pula yang dijual satuan.

  1. Winsor and Newton Pan Set (Cotman) Watercolor (IDR 300K – 1,5 JT tergantung set warna)
  2. Van Gogh pan set watercolor
  3. Van Gogh tube set watercolor (satuan 36K per tube)
  4. Talents Rembrant
  5. Talents Ecoline (satuan 47K per tube)
  6. Kuretake pan set watercolor

Professional (sebaiknya anda langsung cari di internet :3 )

  1. Daniel Smith Watercolor
  2. Dr. Ph. Martin watercolor
  3. Sennelier watercolor
  4. Winsor and Newton tube watercolor

Jika ada lagi yang tau merek-merek lain, silahkan menambahkan di komentar🙂

Barang-barang tersebut bisa di dapat di : dickblick.com , amazon.com , jacksonart.com dengan pengiriman dari luar negeri, adapun di Indonesia sendiri, untuk jenis Pelajar saya rasa ada di hampir seluruh toko peralatan tulis seperti gr*media. Untuk jenis medium menengah, beberapa bisa ditemukan di toko khusus seni dan toko buku, atau coba cari toko online yang sudah banyak ada di Indonesia. Nah, untuk jenis professional agak susah di dapat kalo di Indonesia, referensinya saya hanya Medialukis.co dan di artland.co.id

bagi teman-teman yang mempunyai informasi lebih, monggo di share😀 Terimakasih😀

Serba-serbi cat air (pans, tube, liquid watercolor)

Hallo balik lagi saya iin aryani, saya lagi demen cat air jadi saya mau bahas cat air. Cat air sudah menjadi medium lukis yang cukup populer di kalangan pelajar seni, hobyist, maupun profesional artist, saya sendiri suka menggunakan cat air untuk keperluan nggambar untuk hobi atau untuk kerjaan ilustrasi.

Bicara tentang cat air, cat air memiliki berbagai macam varian, varian yang saya maksud adalah wujudnya bukan mereknya :3 berdasarkan wujudnya cat air ada 3 macam, yaitu

  • Padatan/pans watercolor
  • Botol /tubes watercolor
  • Cair/Liquid/concentrated watercolor
  1. Padatan / pans watercolor adalah cat air yang dikemas dalam bentuk padat. Penggunaannya dengan cara mengambil pigmen dengan kuas yang di basahi oleh air.
    pans
  2. Botol /tubes watercolor adalah cat air yang dikemas dalam bentuk tube, atau botol bentuk yang klasik dari dahulu. Sebaiknya jangan biarkan cat yang sudah di keluarkan dari tube dibiarkan sampai kering, untuk merek-merek tertentu hal ini dapat mengurangi kualitas cat, tetapi ada pula yang tidak berpengaruh.
    tubes
  3. Cair/Liquid/concentrated watercolor adalah cat air dalam bentuk consentrat cair yang sangat kaya akan warna, bisa di bilang liquid watercolor memiliki kualitas warna tercerah dari jenis yang lainnya. Penggunaan dapat langsung diaplikasikan menggunakan kuas, atau ambil beberapa tetes dan tambahkan sedikit air.
    liquids

Mungkin selanjutnya anda bertanya-tanya, lalu lebih baik menggunakan jenis pans/tube/liquid? Tergantung kebutuhan, bisa digunakan bersamaan sebagai subtitusi, namun perlu diketahui, kualitas cat air itu sendiri juga tidak hanya bergantung pada wujudnya tapi kualitas bawaan merek juga mempengaruhi. Cat air pans Sennelier atau Rembrant jelas mengalahkan variasi tube atau bahkan liquid dari merek biasa.

Baca juga : Brands (merek) Cat air dari kualitas pelajar – menengah – dan profesional