Menggunakan ‘as’ pada perintah mySQL

Sudah lama saya ndak corat coret di blog saya (ga ad ide ) akhirnya ide itu keluar. Udahlah ketimbang ngelantur panjang -panjang kita mulai saja. YUks..

Kali ini saya mau bahas ‘as’ pada query atau perintah pada mySQL. Awalnya saya juga ndak mudeng. Tapi berkat guru saya yang jenius itu akhirnya mudeng juga.

Biasanya, dalam pemanggilan database saya hanya memaki perintah “mysql_query(‘select * from nama_table where apalah’);” tapi suatu hari saya bingung. Ketika harus memanggil data dari table yang berbeda tapi data dari table yang berbeda itu saling terkait.

Misal: saya punya table provinsi.

field nya berisi id dan nama_provinsi

dan saya punya table biodata_teman, fieldnya berisi id,nama, id_provinsi, ttl

nah dari field provinsi pada table biodata_teman itu diisikan nomor id_provinsi dan data nama provinsinya diambil dari table provinsi.

Dan query SQL nya menjadi :

$sql=mysql_query('select * from provinsi as a,
 biodata_teman as b where b.id_provinsi=a.id');

script diatas maksudnya mengambil data dari table provinsi dan table biodata_teman dimana table provinsi didefinisikan sebagai table ‘a’ dan biodata_teman sebagai ‘b’. Fungsi where di berikan agar tidak terjadi perulangan pada saat array data. nah pada “where” ini dicantumkan “b.id_provinsi=a.id” maksudnya ‘b’ adalah definisi dari table biodata_teman. dan ‘b.id_provinsi’ adalah field id_provinsi yang ada di table biodata_teman.

Berarti : field id_provinsi yang ada di table biodata_teman sama dengan id dari table provinsi.

dan untuk array nya digunakan fungsi :

$row=mysql_fetch_array($sql);
echo "$row[3]<p>$row[1]";

script diatas maksudnya mengarray variable sql diatas dan menampilkannya 
lewat echo;
$row[3]; adalah baris nama dari table biodata . Kok bisa??

ya bisa soalnya dari fungsi sql nya table biodata_teman pemanggilannya nomor 2 setelah table provinsi.kalu diurutkan menjadi :

id=0, nama_provinsi=1,  id=2, nama=3, id_provinsi=4, ttl=5

(nb: dalam array dimulai dari angka 0 )

dah paham kan . jadi kalo nampilkan provinsi $row[1]; kalo ttl $row[5];

Kayaknya itu aja dulu ya yang bisa saya tulis. Semoga menambah pengetahuan anda. terimakasih

Salam cerdas. Iin aryani

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 27 June 2010, in Website. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar untuk penulis

