UAS Pengantar Teknologi Informasi

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi

SKS : 2

Semester / Tahun : 1/2012

Prodi / Jurusan : PTIK / Teknik Elektro

Dosen : Dr. Hari Wibawanto

Hari / Tanggal : Jum’at, 13 Januari 2012

Petunjuk pengerjaan : Bacalah soal dengan cermat. Tuliskan jawaban pada lembar jawab yang disediakan. Berikan penjelasan dengan tegas dan rinci.

Soal Ujian :

Bu Sophie adalah seorang guru TIK baru di sebuah SMA di kota Semarang. Untuk kelancaran kegiatan mengajarnya, ia telah membeli laptop dengan spesifikasi Intel® Atom™ Processor N550 1.5Ghz Chace 1MB, Memory 1GB DD3 SODIMM PC-8500, HDD 250GB Serial ATA 5400 RPM, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n, IEEE 802.11b, Bluetooth V3.0+HS, SD, MMC, 3X USB 2.0, LAN. Di dalam laptop telah terpasang sistem operasi Windows 7 Ultimate Edition, berikan Bu Sophie solusi untuk hal-hal berikut ini :

  1. Ia tidak ingin membeli perangkat lunak maupun memasang perangkat lunak bajakan, tetapi ia ingin agar laptopnya bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari, mulai dari menulis persiapan mengajar, membuat slide presentasi, maupun menyelesaikan analisis statistika sederhana dengan menggunakan perangkat lunak spreadsheet. Ia juga ingin tetap bisa bertukar file, setidak-tidaknya membaca file yang diberikan oleh teman-teman guru yang kebanyakan menggunakan perangkat lunak Office buatan Microsoft Corporation. Perlu diketahui, Bu Sophie di rumah maupun kantor memiliki akses internet tak terbatas 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Berikan 2 solusi yang layak dipilih Bu Sophie.
  2. Kadang-kadang, ia juga mengikuti pelatihan peningkatan kualifikasi yang diselenggarakan dinas pendidikan. Di tempat pelatihan kadang-kadang tersedia hostpot tetapi kadang-kadang hanya tersedia jaringan lokal dengan kabel. Menurut anda, bisakah laptop Bu Sophie digunakan untuk mengakses hotspot atau menggunakan jaringan lokal dengan kabel? Perlukah perangkat tambahan yang harus dibeli? Apa nama perangkat itu?
  3. Bu Sophie ingin mengoptimalkan ponsel yang dimilikinya agar bisa digunakan untuk membantunya mengakses internet dengan menjadikannya sebagai modem. Ia memiliki ponsel CDMA 800 Mhz yang dilengkapi modem dan kabeldata. Apa saran anda? Menurut anda, apa saja syarat provider telephone seluler yang bisa dipilih Bu Sophie agar selain bisa menggunakannya untuk bertelepon, ia juga bisa menggunakannya berinternet di dalam maupun di luar kota.
  4. Bu Sophie memiliki kamera digital dengan kartu penyimpanan jenis Source Digital (SD) card. Ia ingin bisa menyimpan atau memindahkan gambar hasil pemrotretannya ke laptop. Perlukah ia membeli perangkat baru? Bila perlu perangkat apa yang harus di beli? Bila tidak, bagaimana ia bisa menyimpan atau memindahkan gambar dari kamera ke komputer dan sebaliknya?

Download versi Word : Soal-uas-Pengantar-Teknologi-Informasi-PTIK-FT-Unnes

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 14 January 2012, in Soal-soal and tagged . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Bolehkah saya meminta jawabannya? saya ingin tau dan mencocokan dengan jawaban saya

  2. kenapa gc sekalian aja sih jawaban’a?

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: