Saya kembali … ^^

Senang sekali akhirnya saya bisa kembali dalam dunia blogging setelah kira-kira 2 bulan HIATUS (Hilang tanpa status). Saya mau curhat aja ni, bulan lalu saya baru saja mengalami ‘kenaasan’ saya katakan na’as karena laptop yang setia mendampingi saya dalam suka dan duka telah wafat.

Sebagai pelajaran buat saya dan temen-temen. Saya mau share sedikit perihal kematian laptop saya. Pagi itu seperti biasa, habis subuhan biasanya saya meluangkan waktu untuk on-line sebentar, entah sekedar mengecek email, atau apa. Tiba-tiba terdengar bunyi ‘ctak’ dari laptop saya, kemudian monitor mendadak blank putih dan lampu indikator yang menandakan proses CPU pun mati, yang hidup hanya kipas prosesornya saja. Kemudian saya lepas batere laptopnya saya tunggu beberapa menit lalu saya pasang lagi. Saya hidupkan. Ternyata kondisinya sama seperti tadi tapi kali ini layar monitor sama sekali tidak nyala (bahkan sepertinya tidak ada aliran listriknya, karena bener2 blank) dan yang menyala hanya kipasnya saja.

Saya browsing lewat laptop teman saya mengenai gejala ini, dikatakan mungkin masalah pada RAM nya, saya coba lepas dan pasang lagi, kondisi tetap sama. Diipasang RAM lain juga sama, padahal RAM itu masih dalam kondisi baik. Karena tidak menemukan penyebabnya, akhirnya saya bawa ke servis center terdekat. Mengejutkan, ternyata mainboardnya rusak.

Kemungkinan besar di akibatkan oleh cairan yang mungkin tumpah, atau karena tegangan listrik yang tidak stabil. Lebih mengejutkan lagi, kalo service mainboad harganya hampir samadengan beli baru. Dan kejutan terakhir yang saya dapat, servis center menyatakan bahwa laptop saya ILEGAL.

Ilegal dalam arti bukan bajakan tapi, karena laptop itu tidak seharusnya diperdagangkan di Indonesia. Ya udah, pihak service center tidak mau menangani jika seandainya saya minta service.

Karena sudah tidak dapat digunakan, akhirnya saya copoti komponenya, sisi baiknya sekarang hardisknya dapat saya pakai eksternal dengan bantuan cabel konektor SataToUSB seharga 60ribu. Dan saya juga punya cadangan card-card seperti RAM, VGA, NIC, dll.

Sekarang alhamdulilah sudah dapat penggantinya. Sebelumnya beli ini, saya browsing ke beberapa situs produsen laptop/PC ternama seperti Samsung, Toshiba, Acer, Asus, Dell, Hp, Axio, Vaio, Lenovo. Setelah pilih-pilih browsing, saya kepincut sama Lenovo Thinkpad T420S. Menurut saya canggih, karena dia long life batery, tahan banting, dan tahan air, (katanya), dengan spesifikasi yang canggih juga, untuk spek selengkapnya silahkan kunjungi situsnya sendiri.

Saya muter-muter mall di daerah saya buat nyari si T420S itu, tapi ga ada, akhirnya saya nyampe di galeri resmi lenovo, di situ ada T420 ga pake S tapi. Harganya, mengejutkan, di Indonesia masih mahal, sekitar 18 jt Rupiah. Saya ga berani (baca: ga punya uang😀 ) terus di situ saya liat ada penawaran khusus untuk seri G470 dan G475 yang dibandroll dengan harga 4,4 jt-an dengan spek Harddiks 500GB, RAM 2GB, processor intel pentium(dual core), 14 inch, dan lain2 saya lupa yang saya ingat belum ada VGAnya.

Akhirnya saya beli itu, Lenovo G470 dengan tambahan VGA ATI Radeon 1GB dan ganti prosesor Core i3, setelah tawar-menawar (kaya di pasar aja ya? :D) akhirnya dapat deal 4,7jt. Lumayan.

Dalam Lenovo G470 ini, dia bisa switch graphics prosesor. Jadi untuk kebutuhan yang memerlukan teknologi grafis tinggi sistem akan switch dengan sendirinnya. Spek di dalamnya HDD 500GB, Intel Core i3, RAM DDR3 2GB, ATI Radeon 1GB, CD/DVD, Wireless, WebCame, dengan case hitam yang manis diluar, dan black metal di dalam. Ada microphone nya juga.

Segitu aja uraiannya. Dan pelajaran yang benar-benar saya dapat kali ini adalah :

Kalo mau beli laptop atau hal semacamnya, pastikan produk itu resmi dipasarkan di Indonesia.

Untuk lebih aman, segera daftarkan produk anda ke situs resmi produk.

Lebih berhati-hati dalam memakai barang elektronik.

Posted on 3 August 2012, in Status Author. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. adik Iin ini walaupun perempuan tapi ngerti betul isi laptop, tadinya saya kira kamu itu cowok,pas liat fotonya ternyata seorang gadis cantik. Terus semagat ya kuliahnya, aku yakin kamu bisa jadi perempuan yg hebat. Aku senang baca sebagian blog kamu.

  2. HEHEHE…. mau dunk RAM bekas nya….

  3. Jay, (Timor-Leste)

    Dear Aryani…………..
    terima kasih atas informasinya, kalo ada info baru tolong kunjung saya ya………

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: