Mengatasi Windows hang setelah login ke OS Windows yang di password

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami sebuah masalah kecil pada laptop saya, lebih tepatnya ke sistem operasinya (saya pake bajakan soalnya😀 ). OS saya adalah Windows 7 Ultimate, dan saya beri proteksi, awalnya semua berjalan normal, tapi suatu hari saat saya mencoba menyalakan laptop, kemudian saya isikan password loginnya, setelah itu saya merasakan ada yang ganjil. Windows loading lama sekali dan tidak kunjung muncul dekstop, satu lagi, lampu indikator untuk proses juga berkedip secara periode (rentang waktu teratur) biasanya kedipannya nggak tetatur. Saya coba matikan paksa dan hidupkan lagi, saya menemukan hal yang sama seperti tadi. Selanjutnya saya bingung. Berbekal hp, saya coba tanya Google, beberapa saat surfing saya menemukan sumber masalahnya. Yaitu pada OS Windows nya.

Ada yang bermasalah pada log file windows dan dapat juga dipengaruhi oleh system startup yang terlalu banyak mengerjakan service lain yang tidak begitu penting pada saat startup. Solusinya adalah dengan mengupdate service pack windows anda seperti yang dikatakan microsoft support berikut : http://support.microsoft.com/kb/928228 dan juga meminimalkan startup ketika system di booting.

Nah masalah lain timbul ketika saya sadar, bagaimana bisa update kalo login saja tidak bisa. Nah untuk penuntasan masalah ini anda bisa mengakalinya lewat safe mode.

Bagaimana cara akses ke safe mode? Caranya gampang, ketika windows anda masih dalam keadaan hang setelah anda memasukkan password, langsung matikan paksa laptop anda dengan menekan tombol power laptop selama beberapa detik sampai system mati.

Selanjutnya, tunggu dulu minimal 10 detik lalu nyalakan kembali, anda akan mendapat tampilan booting seperti gambar di bawah ini, pilihlah mode Safe Mode

safemode

Tunggulah sebentar, dalam safemode ini system hanya akan meload file-file penting yang dibutuhkan untuk sekedar ‘menghidupkan’ kinerja pokok laptop. Tidak diperlukan adanya login dengan password seperti pada mode normal. Namun tampilannya juga cukup ‘buruk’ .

Setelah berhasil mencapai dekstop. Kemudian masuk ke System Configurasi dengan menekan tombol Windows+R, lalu ketik msconfig atau masuk ke Command Prompt ketik msconfig (sama saja) akan muncul kotak System Configurasi

System-Configuration

Pilih tab service

System-Configuration

Lalu akan muncul service-service yang dilakukan system di saat booting, lalu centang pada kotak “Hide all microsoft service”. Setelah itu hilangkan semua centang pada semua service yang tersisa, kemudian apply.

System-Configuration

lalu masuk ke tab Startup, klik bagian manufactur. Hilangkan semua centang pada list dengan klik Disable all, lalu centang yang HANYA dari Microsoft Corporation, kemudian Apply, dan OK.

System-Configuration

Terakhir, hilangkan password pada Windows anda melalui Control Panel.

Kemudian Restart, dan update service pack windows anda. Setelah Service pack windows berhasil diupdate, barulah komputer anda bisa diberi password lagi.

Semoga bermanfaat. Salam.

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 22 January 2013, in Masalah Sistem Operasi and tagged . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. A Putri Sekarsari

    Terimakasih banyak, saya sudah coba dan berhasil.

  2. komputer saya configuring service pack sampe 30% saja terus retart ulang, gak bisa save mode…ada acara lain gan ? makasih

    • kalau mau lebih tuntas mendingan semua file anda backup terus install ulang, itu praktisnya. saya juga lebih suka instal ulang ketimbang update service pack, tapi kan namanya alternatif, terserah agan.

  3. cara instal update service pack windows nya gmn gan??
    terimakasih

  4. Saya juga mengalami hal yang serupa nih, tapi sudah bisa diatasi.🙂

Komentar untuk penulis

