Pendidikan Indonesia saat ini : SMK

Pendidikan adalah suatu kewajiban bagi setiap manusia. Dengan pendidikan manusia dibekali ilmu, logika berpikir, dan juga sikap. Apalagi saat ini, berada di kondisi masyarakat yang prural, pendidikan dilihat sebagai cakupan penting yang harus dimiliki semua orang, dengan kata lain, seseorang dapat dipandang lebih lewat riwayat pendidikannya. Namun tidak sebatas itu, pemberdayaan kualitas manusia dapat ditingkatkan di berbagai bidang. Pendidikan tidak melulu soal teori, bukan hanya sekedar satu tambah satu sama dengan dua, namun pendidikan juga mengajarkan apa, siapa, kapan, bagaimana, dan mengapa suatu peristiwa keilmuan terjadi secara teori dan praktik. Seorang dosen saya menambah satu unsur lagi, yakni wise, kebijaksanaan kita dalam menerima,mencari, mengolah, mengkaji, dan menerapkan ilmu.

SMK, atau sekolah menengah kejuruan, adalah salah satu pendidikan tingkat lanjut yang saat ini sedang populer di Indonesia. Beramai-ramai pemerintah membangun smk-smk di berbagai bidang kejuruan di seluruh Indonesia. Dari namanya yaitu sekolah kejuruan, smk memang di tujukan untuk melatih siswanya menjadi profesional yang siap diterjunkan di lapangan kerja dengan penjurusan di bidang masing-masing diantaranya, teknik mesin, elektronika, komputer, perhotelan, sampai tata kecantikan. Lulusannya pun tidak hanya ditargetkan dapat menjadi pekerja yang profesional, namun juga dibekali pengetahuan agar dapat berwirausaha secara mandiri.
Yang lebih menarik, SMK memiliki agenda tahunan yang kompetitif lewat LKS atau Lomba Ketrampilan Sekolah. LKS biasanya diadakan secara seleksi bertahap. Yakni mulai dari tingkat kabupaten/kota, hingga berakhir di tingkat Nasional. Di tahun 2013 kategori LKS mencapai 50-an kategori. Tidak sampai disitu, ada lagi tahapan menuju ASC (Asean Skill Competition) yang diadakan setelah seleksi nasional, kemudian ke tahap yang tertinggi, WSC (World Skill Competition), ajang kompetisi bergengsi yang diikuti oleh ratusan negara di dunia.

Selain itu, saat ini semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta juga membuka pendaftaran mahasiswa lulusan SMK. Sehingga ada jalan bagi lulusan SMK jika ingin melanjukan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi dan menempuh pendidikan yang lebih luas.

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 20 June 2013, in Perangkat Keras and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Zulmi Aditia

    Tapi terkadang gg semua pendidikan itu diperoleh oleh semua orang.
    Mereka yang berada jauh dari kehidupan kita.

    Perlu bersyukur kita.
    (alhamdulillah)🙂

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: