Penting : Bagi P3T (Para Pencari Perguruan Tinggi)

Salam, semuanya. Mungkin saya agak telat ya posting tulisan ini, tapi gak apa-apalah, baru sempet soalnya. Seperti yang kita tahu, beberapa minggu yang lalu, kelulusan SMA/K/sederajat telah diumumkan, dan secara otomatis, juga dimulai musim ‘Pencarian Perguruan Tinggi’ yang tepat bagi siswa yang berniat melanjutkan pendidikan di tingkat PT. Di musim ini berkembang suatu sindrom musiman, yang dulu juga saya rasakan, yaitu sindrom bingung memilih universitas.

Ada seorang adik tingkat saya tanya sama saya, universitas mana yang bagus buat dia. Saya ga bisa jawab. Gak mau memihak univ mana-mana, walaupun itu kampus saya sendiri. Intinya, milih universitas itu yang penting perhatikan :

1. MINAT dan BAKAT yang dimiliki. Syarat pertama ini penting sekali, kenapa? Karena kalau anda tidak menyukai bidang kuliah anda, sudah dapat dipastikan anda akan jadi mahasiswa yang asal mahasiswa, berangkat – presensi – pulang, tugas copy paste. Kalau begitu kan kasian orang tua. Kasian umur kita juga, yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dan lebih kronisnya, beberapa mahasiswa yang istilah kerennya mahasiswa ‘SALAH JURUSAN’ bisa berhenti di tengah, sudah jelas, mubazir waktu, tenaga, dan dana.

2. BIAYA. Syarat ini juga tidak kalah penting, walau banyak beasiswa yang ditawarkan oleh universitas, cadangan biaya tetap perlu. Apalagi jika anda mau masuk ke universitas favorit. Tapi ingat, ‘jangan ngoyo’ maksudnya, jangan memaksakan diri untuk masuk ke universitas favorit dengan maksa-maksa orang tua yang ngeluarin dana. Liat budget yang dimiliki dulu, akan lebih baik jika kalian bisa masuk dengan uang sendiri atau beasiswa, untuk alasan ini tidak masalah.

3. LIHAT FASILITAS. Syarat ketiga, kalau anda sudah punya syarat pertama dan kedua, selanjutnya anda silahkan memilih universitas yang sekiranya cukup memfasilitasi pendidikan anda. Anda bisa tahu hal ini dengan datang langsung dan survey, atau menanyai mahasiswa dari universitas tersebut. Percayalah, kebanyakan mahasiswa itu pikirannya kritis, kami kuliah ‘bayar’ jika itu memang tempat kuliah yang bagus dan nyaman, maka kami bilang nyaman, enggak ya enggak, ya walaupun ada juga yang menjunjung tinggi namabaik instansi dengan bilang iya tapi nyatanya enggak, tp kalo saya tidak demikian. Kalo tidak ada yang kenal dengan mahasiswa univ tersebut bisa nyari forumnya di fb, twitter, dll. Insyaallah ketemu. Calon mahasiswa ga boleh malu-malu bertanya. Terutama ga boleh malu-maluinšŸ˜€

4. LEVEL UNIVERSITAS DI DUNIA KERJA. Nah ini, penting juga. Tidak bisa kita naif, kita kuliah hanya untuk menuntut ilmu, kalau sudah lulus ya ujung-ujungnya kerja. Di dunia kerja, terkadang seorang penyeleksi karyawan baru itu mau memasukkan karyawan dengan dilihat dari background pendidikannya. Padahal, belum tentu lulusan dari universitas terkenal itu cukup menguasai ilmunya, tapi hal seperti itu terkadang terjadi.

Mungkin hanya itu saja pokoknya, kembali lagi ke kebutuhan pribadi masing-masing, kalau saya sendiri, pertimbangan memilih universitas juga lihat jarak tempuh kampung halaman dan universitas, saya pilih yang dekat saja, kasian orang tua, anaknya cuman saya, kalo saya kuliahnya jauh, saya jadi jarang ketemu orang tua (malah curhat). Mungkin ada juga yang bilang di universitas mana saja sama saja, tapi yang saya rasakan ya beda, kondisinya akan lebih nyaman jika keempat unsur tadi terpenuhi. Sekian, semoga bisa jadi masukan. Tolong komentar jika saya salah.

Salam.

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 21 June 2013, in Corat-coret and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Komentar untuk penulis

