[Kuliah Pengolahan Citra] Macam-macam teknik atau modus pencitraan

Saat ini ada banyak cara atau modus yang dapat digunakan untuk mengolah citra. Dimana dari hasil pengolahan tersebut kita akan mendapatkan sesuatu data yang berguna. Dalam pengolahan citra itu sendiri terbagi menjadi 2 pokok kerja, yaitu pemrosesan citra, dan analisis citra.

Pemrosesan Citra adalah jika suatu proses dengan input citra akan mengeluarkan output berupa citra pula. Sedangkan analisis citra adalah jika suatu proses dengan input citra akan mengeluarkan output berupa data statistik atau histrogram yang dapat diamati.

Adapun beberapa modus pencintraan adalah sebagai berikut:

  • Kamera spektrum cahaya tampak, adalah konsep kerja karena jenis ini mirip manusia yakni hanya dapat menangkap objek berdasarkan sinar/cahaya yang terpantul pada objek. Contoh kamera jenis ini adalah kamera digital dan kamera handphone.
    Kamera inframerah (IR), kamera IR adalah kamera yang dapat menangkap objek dengan cara memantulkan radiasi inframerah pada objek.
  • Kamera panas (thermal imaging), adalah kamera yang menangkap objek berdasarkan panas atau suhu yang dimiliki objek.
    X-ray imaging (Roentgen), kamera yang digunakan untuk poto roentgen, cara kerjanya adalah dengan memancarkan sinar X atau sinar roentgen pada bagian tubuh dan biasnya ditangkap dalam film khusus roentgen, jadi posisi pengambilannya kira-kira seperti ini: Sinar | Tubuh | kertas film.
  • Ultrasound imaging(memetakan intensitas sebuah bidang), teknik ultrasound biasa digunakan untuk USG pada kandungan karena dianggap paling aman bagi janin.
  • Magnetic Resonance Imaging, biasa disingkat dengan MRI, teknik ini sering dipergunakan dalam praktek kedokteran. Alat MRI berbentuk seperti lorong, ketika melakukan pen-scan-nan tubuh, maka pasien akan dimasukan dalam alat MRI. Hasil dari scan MRI ini berupa rekonstruksi bagian tubuh secara 3D.
  • Magnetic field imaging (MFI) adalah metode diagnostik jantung non-invasif dan efek samping bebas. Mendeteksi dan mencatat sinyal elektromagnetik yang berhubungan dengan detak jantung menggunakan saluran magnetik array sensor multi-. Sinyal listrik yang dikenal dari EKG dan rekaman dari sinyal magnetik juga diketahui dari magnetocardiography (MCG). Dibandingkan dengan MCG, LKM, antara lain, selalu mencatat seluruh wilayah yang relevan di atas dada orang tersebut, difokuskan pada aplikasi klinis rutin dan perlengkapan yang nyaman dan mudah digunakan parameter untuk dokter berdasarkan gambar (wikipedia,en).
  • Satellite imaging adalah teknik pengambilan gambar menggunakan satelit.
  • Gravity imaging adalah modus pencitraan yang memanfaatkan grafitasi.

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 28 September 2013, in Kuliah, Perangkat Keras and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: