Mahasiswa Berkarya!

Hidup Mahasiswa!

Mahasiswa dikatakan sebagai agent of change atau agen perubahan, dimana seorang mahasiswa dituntut untuk tidak hanya bisa lulus dalam menempuh pendidikan tingginya tetapi dapat mengaplikasikan ‘dirinya’ kepada lingkungan. Yang dimahsud mengaplikasikan diri di sini adalah tidak hanya sekedar bisa menularkan ilmunya tetapi bisa menuntun masyarakat menuju perubahan yang positif dari berbagai segi kehidupan dan dapat mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan berkarya.

Ada pepatah mengatakan ada banyak jalan menuju roma, begitu pula dalam hal berkarya. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk berkarya sebagai seorang ‘Agent if Change’. Dosen saya mengatakan, karya itu tidak musti berwujud benda. Karya itu suatu hasil dari sebuah proses yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tidak penting itu hal sepele sekalipun. Yang terpenting adalah apa yang kita lakukan adalah langkah menuju perubahan yang lebih baik.

Saya menulis seperti ini bukan berarti juga saya sudah melakukan sesuatu yang besar, kita sama. Saya sendiri terkadang bingung. Apa yang harus saya lakukan, apa yang harus saya berikan, dan bagaimana saya melakukan. Terkadang perasaan takut juga muncul ketika saya berandai-andai. Dan akhirnya yang saya temui hanya kesulitan yang muncul dari diri saya sendiri. Namun saya sadar bukan karena betapa sulitnya melakukan yang saya inginkan tetapi ketakutanlah yang sering mengganggu saya untuk melakukan suatu ide.

Kepercayaan diri. Sangat penting, karena disaat saya ragu-ragu semuanya malah tidak jalan. Jika anda mempunyai ide dan memikirkan resiko buruknya terlebih dahulu saya sarankan anda langsung memikirkan yang sebaliknya, sugestilah pikiran anda dengan hal-hal yang baik dan lakukan, jangan ditunda-tunda, cukup lakukan, dengan bersungguh-sungguh.

.

Bulan ini adalah bulan pembukaan PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan, Teknologi, Pengabdian Masyarakat, Penelitian, dan Karsa Cipta yang di adakan oleh DIKTI. PKM bisa dikatakan sebagai salah satu ajang tahunan terbesar bagi mahasiswa yang nantinya akan bermuara pada PIMNAS. Oleh karena itu, para rekan mahasiswa, jangan ragu, tuangkan ide kita, inilah saatnya bagi kita berkarya dan membangun negeri ini menjadi lebih baik.

 

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 25 October 2013, in Corat-coret and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar untuk penulis

