[Jurnal KKN] Hari 1. Penerjunan

Jurnal ini saya buat sebagai catatan saya pribadi dan juga mungkin saja dapat dijadikan referensi bagi pelaksana KKN Unnes di tahun-tahun mendatang.

Setelah penempuh lebih kurangnya 3tahun kuliah sampailah saya di semester 7. Berbagai agenda seperti PPL dan KKN saya ambil di semester ini. 3 bulan lalu sudah selesai saya laksanakan kegiatan PPL dengan alhamdulillah lancar, dan baik. Kemudian di susul agenda lainnya yaitu KKN.

KKN yang saya ambil adalah KKN Lokasi, dimana penempatannya berada di Desa Penjalin Kecamatan Brangsong, Kendal. Dalam KKN ini, saya bersama 7 orang teman yang tersebar di beberapa fakultas di Unnes.

Pertama saya akan menceritakan persiapan KKN, satu minggu sebelum diterjunkan, peserta KKN Unnes diberikan pembekalan yang meliputi pembekalan fisik dan non-fisik. Pembekalan fisik berisi materi-materi KKN, seperti tahapan kerja, cara penyusunan laporan, dan hal teknis lainnya. Non-fisik berisi materi bersosialisasi, teknik mendapatkan empati masyarakat, dan berbagai teknik sosial untuk menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat.

Setelah pembekalan, dilakukan penerjunan.

Penerjunan KKN Lokasi II tahun 2014 dilaksanakan hari Senin, tanggal 3 November 2014.

Kami, peserta KKN Brangsong berangkat dari Unnes bersama DPL. Ngomong-ngomong, DPL saya namanya mirip sama saya, yaitu Ibu Ariyani😀 jam 7.00 pagi dan diterima terlebih dahulu di Bappeda Kendal sekitar jam 9.30 pagi

Kemudian kami menuju ke balai desa masing-masing untuk penerimaan dari pihak desa. Kemudian kami di bawa ke posko KKN yang telah di sediakan oleh pihak desa/kelurahan. Posko KKN biasanya digunakan, rumah lurah sendiri atau rumah warga yang berkenan.

Setelah selesai men-unpack barang-barang, kami melakukan berbagai administrasi kecil seperti pengurusan uang makan, pembuatan jadwal piket kecamatan, jadwal piket pos KKN, dan merencanakan apa saja yang akan dilakukan selama masa observsi yaitu 3 hari pertama KKN untuk kemudian menyusun program kerja di hari berikutnya, sisanya, beradaptasi dengan lingkungan.

#KKN2014

Semangat!

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 4 November 2014, in Pena Hati and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar untuk penulis

