Solusi Semua Aplikasi .exe tidak jalan (Appcrash) “has stop working” di windows 7

Pernahkah anda mengalami hal seperti ini, saat dimana hampir semua aplikasi di dalam PC/komputer anda tidak dapan running/tidak dapat dibuka. Notifikasi yang muncul biasanya “nama aplikasi” has stop working, dan jika dilihat detail errornya akan muncul Problem eveny namenya APPCRASH seperti pada contoh tampilan di bawah ini.

3225.error corel11 stackhash_0a9e.png-680x1000

appcrash.2

Lalu bagaimana mengatasinya?

Saya mengalami hal ini secara pribadi beberapa waktu yang lalu, kemudian saya melakukan observasi di internet ada berbagai macam solusi yang di tawarkan, beberapa sudah saya coba, beberapa tidak.

Hasil obsevasi saya di internet adalah sebagai berikut:

  1. Menonaktifkan DEP (data execution prevention). Hal ini sudah saya coba tapi gagal.
  2. Merubah Registry. Hal ini tidak akan pernah saya coba. Merubah value registry jika tidak benar-benar mengerti akan berakibat sangat fatal. Saya sudah merasakannya, alih-alih ingin PC booting lebih cepat, saya utak-atik registry laptop saya, dan malah menyebabkan kerusakan hardware di motherboardnya, dan akhirnya tewas.
  3. Menscan komputer dengan antivirus yang sudah terinstal, sudah dicoba dan antivirus tidak menemukan apa-apa.
  4. Menginstal antivirus baru, karena ada indikasi virus dan sejenisnya. Gagal, jangankan diinstal, komputer menjalankan .exe saja tidak mau.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Sebentar, kita coba pahami dulu apa yang menyebabkan aplikasi-aplikasi itu tidak mau jalan. Kemungkinannya yang saya pahami, PC telah terinstall semacam malware yang tidak terdeteksi oleh antivirus. Lalu kenapa hal ini bisa terjadi? Penyebabnya ada bermacam-macam.

  1. Malware terinstal lewat koneksi internet saat kita sedang online.
  2. Lupa mengaktifkan Firewall
  3. Windows Defender tidak aktif dan library nya tidak terupdate
  4. Tidak ada antivirus/ antivirus kurang update

Pilihan yang perlu anda lakukan ada 2 cara.

Cara 1. jika masih memungkinkan, update windows librabry windows defender anda. Bisa dilakukan dengan mengkoneksikan komputer dengan internet, buka aplikasi windows defender, dan klik update.

update defender

Restart komputer, lalu scan komputer dengan windows defender.

Cara 2. Dengan sangat terpaksa diinstal ulang. Tapi sebelum diinstal jangan lupa untuk memback-up semua file penting yang ada di local disk C. Saya menyarankan untuk install Windows 8. karena lebih aman timbang windows 7. Tapi tetep setelah instal lakukan scanning keseluruhan dengan windows defender, buat jaga-jaga.

Insyaallah berhasil, saya coba si berhasil, ada yang mau nambahin?

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 12 January 2015, in Windows Fix Error and tagged . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. ini cara kyk nya meyakin kan… soal nya di sebelah masa suruh nginstal aplikasi ini dan itu, yang pada dasarnya file ber ekstensi exe tidak dapa di buka…

    mkasih atas saran nya smoga blog nya ttp membawa berkah buat yang lain… amin

  2. Victor Zakevch

    Saran admin bagus amat… tapi saya rasa fungsi windows defender sangat kurang efektif, soal nya masih banyak malware yg tetap tak terdeteksi.

    Sementara ini aku bingung, soal ny laptobku jg kyk gini (appcrash pada exe. Ekstensi ). Sampai akhirny diinstal ulang, hanya fix beberapa hari aj, seterusny vcredist appcrash, lalu winrar, daemon tool, dll.. sdh pernh coba semua cara tapi nggk ad yg cocok. Ad saran nggk??

    • admin dulu install total, semua partisi hardisk pun di format alhamdulilah enggak pernah app crash lagi, dan masih aman walau tanpa antivirus tambahan🙂

  3. saran yang super sekali punya ane jga apikasinya ngalamin APPCRASH

  4. Parogram crash bukannya karena .Net frameworknya gag competible sama programnya ya ?

  5. ini yang oke, thanks mbak. yang lain kayaknya copy paste content aja

Komentar untuk penulis

