Review dan Tips untuk wacom intuos CTL 490

Review dan Tips untuk wacom intuos CTL 490

61JC73nbyCL._SL1500_

Hallo, saya baru aja beli tablet wacom model CTL 490 small, kesan pertama, nice. dipakenya mudah dan desainnya stylish nan simple, ukurannya lebih kecil timbang model lamanya 480, tapi luas area aktifnya sama. Beli di toko online Indonesia seharga IDR 1,28 juta. Kalo di amazon saya lihat bisa dapat USD 70$.

Pengalaman saya : CD driver gak bisa diread, jadi perlu perlu download driver sendiri, mungkin cd drive saya yg rusak. Kalau laptop kamu tidak ada CD drivernya, kamu tinggal download aja drivernya di http://www.wacom.com/en-id/getting-started/intuos , pilih model Intuos Draw terus pilih OS yg kamu gunakan. Saya memakai driver 6.3.15  jadi pastikan punya koneksi internet.

Testing Aplikasi Menggambar : saya melakukan tes di aplikasi Autodesk SketchPro, Sai, dan Photoshop. Semuanya works. —cuman— setelah restrat itu, pressure sensivity nya (tebal-tipisnya) enggak work, lalu saya googling.

cara mengatasinya adalah dengan merestart drivernya, langkahnya mudah. buka lokal service, search di start : services. >> View lokal service untuk win 8 / Services untuk win7, sama aja.

Ini cuja bisa dilakukan jika muncul notif ” THE TABLET DRIVER NOT FOUND”

bad curve2

cuzz

1aa

Kemudian cari Wacom Professional Service, di sisi sebelah kirinya, klik stop, tunggu beberapa detik, lalu klik start lagi. Insyaallah akan normal kembali.

1aa

Besoknya…

Masalah lain muncul lagi (atau saya baru sadar) goresan yang dihasilkan pen di aplikasi photoshop tidak rapi, hasilnya kayak gini (bisa di klik gambarnya buat perbesar, itu curva tidak halus tapi bergerigi)  :

bad curve

dan juga terkadang sensitivitinya tiba-tiba ngelag jadi brush kayak pake mouse biasa kaya gini

bad curve2

Kemudian saya googling lagi, nemu solusi di suruh ganti driver, lalu saya coba ganti driver yg 6.3.14 tapi ternyata sama aja. saya iseng install lagi driver yang 6.3.15 eh ternyata bisa. Jadi itu mungkin hanya perlu di restart aja drivernya seperti langkah di atas, tidak perlu ganti driver😀

.

Bagaimana cara ganti nib pen di CTL 490?

Hampir sama kayak model sebelumnya, penggantian pen bisa dilakukan dengan menjepit pen lalu menariknya keluar, lalu di ganti isi ulangnya, atau dengan alat bantu dari wacomnya yang berada di bagian belakang padnya.

Selengkapnya bisa dilihat di video ini:

Tag : mengatasi driver not found wacom intuos, the tablet driver not found ctl cth 490, review intuos Draw 490, fix goresan pen yang tidak halus di photoshop, bad curve, curly curve pen tablet in photoshop, how to replace pen nib intuos.

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 27 December 2015, in Desain Grafis, Perangkat Keras and tagged , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Maaf mau tanya.sblumnya saya gabisa install.trus saya ganti drivernya.skrng uda keinstall tapi masih blum bisa REGISTER TO REDEEM,.
    Bisa kasih saran?.
    Tks

  2. Misi mau nanya. Saya donlot driver di web wacom belum bisa (SSL Error di laman web nya setelah ngeklik “download now”). Ada alternatif lain biat nginstal driver nya selain di web wacom? Terimakasih

  3. Mau tanya saya baru beli wacom draw itu beberapa minggu yg lalu .. awalnya setelah saya install drivernya bisa jalan dg lancar nah di dekstopnya kan ada tanda driver kya pen gtu kan nah itu tiba tiba gaada kyanya ke close nah udh gt wacomnya jd error . Cursornya muter terus dan kalo saya buka file itu kelap kelip jadi ngeragokin saya . Saya udah un install drivernya berkali kali tp ttep gt . Plis bantuin syaa

  4. Maaf mau nanya, saya udah coba cara di atas tapi pas coba pake di SAI ternyata pressurenya masih gak ada…. apa wacom intuos ctl 490 memang bukan untuk gambar? :”

    • kalo nggak buat nggambar buat apa dunk kakak, coba aplikasi SAI nya di close lalu di buka lagi, buka wacom desktop, apabila pas buka ini nggak muncul “DRIVER WAS NOT FOUND” insyaallah bisa sih, saya sudah test pake aplikasi PS, Clip paint Studio, SAI, bahkan di Autodesk sketchbook pro bisa semua kok🙂 Semangart!!

  5. maaf, untuk SBD key nya bagaimana? saya instal CTL 490 tanpa CD, & masih bingung di bagian registrasibagian awal pas milih model intuos nya.. makasih

Komentar untuk penulis

