Serba-serbi cat air (pans, tube, liquid watercolor)

Hallo balik lagi saya iin aryani, saya lagi demen cat air jadi saya mau bahas cat air. Cat air sudah menjadi medium lukis yang cukup populer di kalangan pelajar seni, hobyist, maupun profesional artist, saya sendiri suka menggunakan cat air untuk keperluan nggambar untuk hobi atau untuk kerjaan ilustrasi.

Bicara tentang cat air, cat air memiliki berbagai macam varian, varian yang saya maksud adalah wujudnya bukan mereknya :3 berdasarkan wujudnya cat air ada 3 macam, yaitu

  • Padatan/pans watercolor
  • Botol /tubes watercolor
  • Cair/Liquid/concentrated watercolor
  1. Padatan / pans watercolor adalah cat air yang dikemas dalam bentuk padat. Penggunaannya dengan cara mengambil pigmen dengan kuas yang di basahi oleh air.
    pans
  2. Botol /tubes watercolor adalah cat air yang dikemas dalam bentuk tube, atau botol bentuk yang klasik dari dahulu. Sebaiknya jangan biarkan cat yang sudah di keluarkan dari tube dibiarkan sampai kering, untuk merek-merek tertentu hal ini dapat mengurangi kualitas cat, tetapi ada pula yang tidak berpengaruh.
    tubes
  3. Cair/Liquid/concentrated watercolor adalah cat air dalam bentuk consentrat cair yang sangat kaya akan warna, bisa di bilang liquid watercolor memiliki kualitas warna tercerah dari jenis yang lainnya. Penggunaan dapat langsung diaplikasikan menggunakan kuas, atau ambil beberapa tetes dan tambahkan sedikit air.
    liquids

Mungkin selanjutnya anda bertanya-tanya, lalu lebih baik menggunakan jenis pans/tube/liquid? Tergantung kebutuhan, bisa digunakan bersamaan sebagai subtitusi, namun perlu diketahui, kualitas cat air itu sendiri juga tidak hanya bergantung pada wujudnya tapi kualitas bawaan merek juga mempengaruhi. Cat air pans Sennelier atau Rembrant jelas mengalahkan variasi tube atau bahkan liquid dari merek biasa.

Baca juga : Brands (merek) Cat air dari kualitas pelajar – menengah – dan profesional

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 24 March 2016, in hobi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: