Tutorial menggunakan Paypal baru (2017)

Hai teman-teman, apakabar? semoga sehat semua. Saya mau sedikit sharing tentang Paypal. Sebelumnya yang belum tau apa itu paypal bisa baca dulu di wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/PayPal, singkatnya PayPal itu bank online untuk melakukan transaksi elektronik secara on-line / terhubung internet.

Saya sudah agak lama memakai Paypal dan baru-baru ini ada beberapa perubahan dengan website paypal serta kebijakan-kebijakan pada Paypal. Nah, disini saya mau share sedikit barangkali bisa berguna untuk pengguna PayPal yang baru mendaftar, atau masih kebingungan tentang paypal yg baru.

Jenis Akun

Jenis akun di Paypal ada 2. Yaitu Personal dan Bussiness. Letak perbedaan antara dua akun ini utamanya ada di batasan limit untuk withdraw (penarikan uang) dan transfer. Akun Bussiness lebih banyak limitnya dibanding akun personal. Akun bussiness mendapatkan proteksi khusus sebagai seller, bebas biaya bulanan namun tiap transaksi dikenakan biaya sebesar 4.4% + $0.30 USD untuk penjualan < 3000$. 

Tampilan awal Akun

Untuk segi tampilan juga ada perbedaan. Beriku adalah tampilan screenshot akun personal dan bussiness

Contoh tampilan akun personal :

ss1

Tampilan akun business :

capture4

Status Verifikasi

Status verifikasi paypal dari dahulu masih sama yaitu verified dan unverified. Perbedaan status ini juga mempengaruhi beberapa layanan, diantaranya sebagai berikut:

  • Unverified account lebih sedikit aksesnya terutama untuk layanan jual-beli di toko online global seperti amazon, ebay, dll
  • Sedangkan verified akun lebih leluasa digunakan sebagai pembayaran di berbagai situs jual beli online luar
  • Unverified mempunyai resiko dana tertahan jika dana yg diterima ternyata bersumber dari kejahatan online seperti perjudian, narkoba dll (CMIIW)
  • Untuk pajak pembayaran dan penerimaan dana sendiri saya kira tidak ada perbedaan, nanti di bahas di topik selanjutnya

Pengiriman uang/transfer

capture

Mengirim uang di paypal di bedakan dalam 2 jenis, family and friends dan payment as service. Perbedaannya disini adalah pada fee atau pajak yang dikenakan. Pajak di tanggung oleh penerima. Untuk pajak Payment as service dikenakan pajak sesuai kebijakan jenis akunnya, akun bisnis , dan pengiriman ke family and friend kalau sesuai pengalaman saya sih tidak kena pajak alias 0% tapi jumlahnya kecil, kurang tau jika jumlahnya banyak.

cara mengirim tinggal klik send money to friends and family atau Pay for good or service masukan sejumlah uang yg akan di transfer dan nominalnya. contoh

capture2

Pembayaran/ Payment service

Untuk payment service baik akun personal dan bussiness dikenakan pajak : https://www.paypal.com/id/webapps/mpp/paypal-fees

capture

 

 

Withdrawal/ penarikan uang

Penarikan dapat dilakukan setelah melakukan link ke bank lokal. Bank lokal ini sebagai bank penerima dalam kurs rupiah.

cara mengaitkan akun paypal ke bank lokal :

Untuk Business account : klik Profile -> profil setting -> Financial information-> pada label bank accounts klik _ update

capture

lalu klik add/tambahkan, isikan sesuai data yg diminta. untuk nama bank dan kode bank klik di link whats this.. seperti berikut, lalu continue.

capture6

Untuk personal account sama saja, di halaman depan dapat langsung klik link add bank account

Jumlah minimum Withdraw di paypal adalah 10$ usd.

contoh proses withdrawal, nilai 10$ akan di konversi sesuai kurs yg berlaku di kurangi biaya administrasi sebesar IDR 16.000

capture

Komplain

Untuk seputar komplain layanan, bisa di lakukan lewat halaman https://www.paypal.com/id/selfhelp/home

nanti akan di balas dalam kurun waktu 1×24 jam.

Tentang Paypal Payment Hold 21 hari

capture

Ini termasuk kebijakan dari paypal yang baru dimana apabila kita mendapat payment, maka dana akan tertahan dalam 21 hari, hal ini dikarenakan account belum memenuhi persyaratan sebagai seller terpercaya sehingga paypal perlu melakukan pengecekan terhadap asal usul dana, dan proses lain yg saya kurang paham, intinya verifikasi dana. Dana yang masuk akan ada di notifikasi dengan status pending, setelah di clearing, dana akan tersedia dalam balance sesuai waktu yg di tetapkan.

bila menunggu 21 hari di rasa terlalu lama, anda bisa meyakinkan paypal dengan melengkapi beberapa syarat berikut : (untuk sampai ke laman ini klik link di notifikasi.

capture

Verifikasi akun Paypal.

Verifikasi akun yg resmi bisa dilakukan dengan credit card/ debit card dengan logo visa / mastercard. saya nyoba pakai debit mandiri gak bisa, temen saya bilang pakai debit mastercard britama bisa, yang tidak resmi bisa lewat VCC tapi saya pribadi tidak yakin kalau aman, soalnya kan, kalau kita pakai jasa VCC, orang penyalurnya otomatis bakal tau data-data pribadi kita, nah disitu gak amannya, jadi saya tidak rekomendasi. kalau teman2 ada info lain, silahkan komen ya.

Sekian aja yang bisa saya sharing, semoga sedikit memberi pencerahan, thanks

Advertisements

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 12 January 2017, in Ekonomi, Peluang Online, Tips and Trik, Tutorial and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Mau tanya.., saya kog ga pernah terima payment tapi sekali dikasih langsung masuk ? ga lewat payment pending lagi ._.

  2. kalo bikin paypal itu step by step nya gimana ya? ngikutin tutorial yang di kaskus masih belom ngeh wkwk. terus takut kalo beli vcc ga taunya abal2.
    btw gue suka banget art mu… cakep banget gila

  3. Pakai VCN BNI gan,,

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: