Pendahuluan

Internet adalah sebuah jaringan yang dapat memungkinkan kita terhubung dengan seluruh manusia di bumi yang tentunya juga mengerti internet. Bisa dibilang internet adakah berkah yang hadir di tengah-tengah masalah komunikasi yang dulu dianggap sulit dan terbatas untuk kalangan tertentu. Salah satu berkah internet adalah saat ini manusia tidak hanya bisa bekerja secara nyata/fisik saja, tapi juga dapat memanfaatkan media internet sebagai pencaharian. Kita bisa lihat contoh-contoh orang seperti pendiri google dan facebook yang sukses melalui internet, dan masih banyak yang lainnya.

Seiring perkembangan zaman, internet menjadi sarana multifungsi yang dapat diakses siapapun, beberapa fungsinya adalah sbb:

  1. Media informasi
  2. Media komunikasi
  3. Media penyimpanan online (online storage)
  4. Media perdagangan
  5. Media iklan
  6. Media survey
  7. Media kerja dan bisnis

Dalam bab ini saya hanya akan menjelaskan tentang internet sebagai media kerja dan bisnis

Internet sebagai media kerja dan berbisnis memiliki artian bahwa anda hanya perlu online untuk bekerja, tidak perlu kemana-mana. Adapun alat yang anda butuhkan hanyalah seperangkat PC dan koneksi internet. Banyak pekerjaan online bermunculan mulai era 2000-an, diantaranya:

  1. Pay Per Click
  2. Chaptcha Typer
  3. View Ads/ PTC (Paid To Click)
  4. Translator
  5. Investasi Online
  6. Toko Online
  7. Via Software
  8. Game online

Lalu apa saja yang harus anda lakukan untuk dapat bekerja online?

Persiapkan alat, seperti yang saya katakan tadi, seperangkat alat yang bisa membuat anda mengakses internet
Hampir semua pekerjaan online membutuhkan eWallet/Payment Processor atau bisa kita sebut bank online universal sebagai alat pembayaran atas pekerjaan yang dikerjakan. Ada bermacam-macam eWallet/Payment Processor tapi sedikit yang dapat dipercaya, untuk itu anda perlu browsing informasi yang lengkap sebelum anda berani menaruh uang anda di bank online. Beberapa Payment Processor yang saya recommendasikan:

(Klik pada link untuk mengetahui cara mendaftar pada masing-masing payment processor)

  1. Paypal
  2. Payza
  3. Perfect Money
  4. Ego Pay
  5. Paxum
  6. Neteller

*)catatan : Kebanyakan payment processor resmi seperti yang tersebut diatas memerlukan scan id (ktp) untuk verifikasi, jadi untuk jaga-jaga anda perlu scan ktp, untuk paypal lebih spesial, karena untuk verifikasi anda perlu mempunyai kartu kredit seperti VISA atau MasterCard, namun tidak masalah juga jika tidak diverifikasi, anda tetap dapat menyimpan uang disana, masalahnya hanya ketika anda akan menarik uang anda ke bank lokal.

Nah, untuk penarikan uang ke bank lokal, ada lagi yang perlu anda lakukan, yaitu menggunakan exchanger. Fungsi exchanger adalah menukarkan nilai mata uang asing ke kurs rupiah. Masing-masing exchanger memiliki rate atau kurs sendiri yang telah mereka tetapkan atas perusahaannya. Contoh, di exchanger A mungkin memberikan nilai kurs rupiah untuk 1$=Rp 10.000,- ada juga yang memberikan nilai Rp 9.000,- dsb. Kenapa?

Perlu diketahui exchanger sebenarnya ilegal jika menurut undang-undang internet, karena belum ada lembaga khusus yang dijadikan exchanger resmi untuk masing-masing negara, walaupun ada beberapa eWallet yang menyediakan layanan changer langsung, tetapi pajak yang diberlakukan sangat besar untuk biaya tukar, contohnya Payza, di payza jika anda ingin mentransfer uang langsung ke bank lokal, minimum transfer adalah 100$ dan pajaknya sebesar 20$. Karena itulah anda butuh exchanger yan menawarkan jasa tukar lebih murah, dan inilah kenapa exchanger dianggap ilegal. Jasa exchanger pada umumnya dijadikan sebagai pekerjaan perorangan atau sekelompok orang. Dan untuk menghindari penipuan, anda perlu berhati-hati dalam memilih exchanger. Saya kurang tau ada berapa changer yang bisa dipercaya di indonesia. Namun selama ini saya menggunakan Duyduychanger yang sekarang sudah berganti menjadi BestOnlineChanger.

Jadi intinya, alur yang anda kerjakan adalah sebagai berikut :

Anda bekerja online -> dapat uang -> simpan di eWallet -> tukar via Exchanger -> Bank lokal

Oke, sekian dulu penjelasan singkatnya, jika ada kekurangan saya mohon ma’af, jika ada keganjilan, silahkan berkomentar dan kita diskusikan lebih lanjut.

Terimakasih, salam cerdas.

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: