Pasal dalam UUD’45 yang Berisikan tentang “Hak dan Kewajiban Warga Negara”

Hak dan Kewajiban warga negara diatur dalam undang -undang sbb:

  • Pasal 27 ayat 1-3

Mengatur tentang Kedudukan warga negara , Penghidupan dan pembelaan terhadap negara.

  • Pasal 28 ayat A – J

Mengatur tentang segala bentuk Hak Asasi Manusia.

  • Pasal 29 ayat 2

Mengatur tentang kebebasan atau hak untuk memeluk agama (kepercayaan )

  • Pasal 30 ayat 1-5

Mengatur tentang Kewajiban membela negara , Usaha pertahanan dan keamanan rakyat, Keanggotaan TNI dan Tugasnya , Kepolisian Indonesia dan tugasnya , Susunan dan kedudukan TNI & kepolisian Indonesia.

  • Pasal 31 ayat 1-5

Mengatur tentang Hak untuk mendapat pendidikan yang layak , kewajiban belajar ,Sistem pendidikan Nasional ,dan Peran pemerintah dalam bidang Pendidikan dan kebudayaan

  • Pasal 33 ayat 1-5

Mengatur tentang pengertian perekonomian ,Pemanfaatan SDA , dan Prinsip Perekonomian Nasional.

  • Pasal 34 ayat 1-4

Mengatur tentang Perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

  1. aku kurang paham,…..?

  2. mau tanya tentang negara indonesia berdasarkan atas ketuhanan yang maha esa & Kebebasan mengajukan pendapat itu pasal brp dan isinya apa ya?

  3. Tlng dong bantu cri prq …
    Tentang fakir miskin dan anak terlantar bunyi pasal ayat ke berapa ???

  4. Jawaban PR saya belum saya dapatkan, ada yg lain gk???
    By wira @ ulfa

  5. bagus isinya Excelent untuk yg buat Thanxx jga

  6. okk thanks infox

  7. nurul fitrah amaliyah

    mau nanya nih, apa bunyi pasal 9 ayat 2 UURI no. 3 tahun 2002 kalau ga salah tentang usaha pembelaan negara

  8. mnurut saya ham ini semua orang tidak taat terhadap ham yang suda tercantum dalam pasal-pasal yang suda ad dalam UUD 1945…………….
    dan dalam ham kita hars tidak membedakan satu sama yang lain harus saling menolong dengan hati yang tulus dan iklas………………………..
    trimakasih…………………….

  9. Arddhana Zhafran

    Benar Benar membantu..

  10. mbak mau nanyak pasal berapa yang mencakup fungsi konstitusi tentang menjamin hak-hak warga negara dari tindakan sewenang2 penguasa? mhon di jwb secepatnya

  11. terus ham atau kewajiban asasi politik di psl brapa??????

  12. terus buat ham sosial budaya itu ada di pasal berapa?

  13. buat ham bagian hukum ada di pasal berapa mbak?

  14. makasih yachhh …. untung ada jwbannya dhi situ

  15. tanks info nya,
    tpi bsa gk masukin lg pasal2 tntang ham tu dengan lengkap ea misal nya 1 sampai 100 gtu hehehehehehe

  16. apa hubungan pasal pasal UUD dengan HAM ?

    • hubungan UUD dengan HAM tentu saja terletak pada isi daripada UUD itu sendiri, dalam UUD terkandung inti-inti dari hak dan kewajiban WNI

  17. saya mau tanya apa yang anda fikirkan tentang beberapa alasan mengapa manusia itu mempunyai hak dan kewajiban
    makasi,,,^_^

    • karena apa ya, menurut saya manusia kan mahluk sosial yang berinteraksi dengan lawannya, nah dari interaksi2 itu lah, seseorang kemudian memiliki hak dan kewajiban.

  18. saya mau tanya.. dari pasal pasal di atas contohnya apa saja? makasih.

    • saya mau tanya hak mendapat pendidikan pasal berapa ya?

    • maaf kalau saya boleh menjawab semua undang2 yang berlaku di negara indonesia..contoh skrg banyak yang tidak mematuhi apa itu undang2….dari 100% undang2 itu yang di patuhi cuman 65 % saja…

    • Memang, hukum atau segala macam aturan apapun dibuat tidak hanya untuk dipatuhi, disisi lain, adanya hukum juga bermanfaat untuk menertibkan, nah hanya saja seperti kata saudara na, hukum di indonesia tidak sepenuhnya dilaksanakan dengan baik.

      Ada banyak faktor yang mungkin menyebabkan keadaan ini terjadi. Bisa jadi karena pandangan rakyat yang sudah terlalu buruk terhadap pihak pemegang kekuasaan, perasaan kecewa terhadap pemerintahan, atau pelaksanaan hukum sendiri yang tidak merata, kurang adil, dan tidak tegas itulah yang mungkin menyebabkan pola pikir masyarakat menjadi agak acuh terhadap hukum. padahal hukum di indonesia itu tergolong sangat baik, dan mencakup segala hal.

  19. pasal-pasal berapakah dalam uud 1945 yang mengatur hak dan kewajiban

  20. mba’ kalo uud yang mengatur mengenai hak dan kewajiban rakyat untuk ikut serta dalam politik negara, pasal brp yach?????
    makasih sebelumnya!!!!!!!!!

  21. makasih,,
    udah bantuin ngerjain tugas

  22. pancasila memaksudkan agar semua ras dan agama bersatu ini tidak ada hubungannya dengan islam karna rassullallah bersabda: sebagai seorang muslim kita harus menghormati agama lain dan tidak memberikan paksaan, dan telah dikutip dalam qur’an “BAGI MU AGAMA MU BAGI KU AGAMA KU” jelas allah membebaskan mereka memilih kepercayaannya walau bukan terhadapnya saya rasa pancasila tidak ada hubungannya

  23. maaf sblumny,,, q mo mo nanya ni,,,
    apakah munculnya fundamentalisme ber dasarkan agama yang memaksakan berlakunya hukum agama bisa menghancurkan negara ini….?

    • Kalo menurut saya, bisa. menerapkan suatu hukum dengan satu acuan agama sama dengan melanggar hak asasi manusia untuk bebas beragama.

  24. kk ma’aci y, pr aku jdi slse smw >v<

  25. bnyak’in dng pasal’a :)

  26. kyaknya pmerintah blm mlksnakan tuh,.,. malah kbnyakan korupsi heheheh.,.,., g mementingkan masa depan generasi muda ,.. ;-)

    • MeMANk pEMEriNtAh Gax MAO PeDuLi SAMA maSyaRaKaT MiskiN,eNtah kemANA sEmUA uANg maSyARaKAT iTu DIbUAT,mati Juga GAx DIa BaWa UanG iTU,zADi SIapapuN NanTi Zadi PRESIDEN,JAngAN di UlaNgi LAGI,kaSIhan Lah SAma MAsYArAKAT sEndiri
      ok MAS BRO……………..

  27. Bisa bantu tugas saya ngga?
    klw bisa tolong jawab pertanyaan ini
    @ apakah pelaksanaan uud pasal 27 ayat 1 sudah di lakukan dengan baik?
    @ bagaimana sikap pemerintah terhadap hak tersebut?
    @ bagaimana solusinya?

    • Wah it pendapat masing-masing ya mb. kalo menurut saya memang belum terlaksana dengan baik. Bagaimana sikap pemerintah : terkesan tidak peduli. Solusi : kembali pada kesadaran masing2 utk kembali pada uud(aturan), peningkatan mutu hukum.

    • jwban nya bisa agak pnjng dkit ngg mb..
      soalnya sya belum mngerti tentang itu.

  28. oce dweh makacihhhh ayaaaaaa….

  29. Menurut saya,, pasal 27 ini seharusnya disertai dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari..

  30. eddyrachman@yahoo.co.id

    hak dan kewajiban masyarakat apa massih berlaku. pendidikan yg notabenenya gratis masih saja di pungli kejadiannya pun di ibukota negara yg semua penegak hukumnya komplit

  31. bantu aq donk,,carikan pasan dan ayat yang mengatur tentang hak dan kewajiban????

  32. Duhz.apasich. .makna drie pSal 28

  33. hmmmmmm,,,,
    aq orang riau,
    npa utk saat nie hak dan kewajiban qta byk di tindas oleh orang yg lbih berkuasa????
    smua orng pnya hak dan kewajiban,,mengapa orang yg gk mampu di jakarta atau pun dimana aja,mengapa mereka tidak di bantu??????mereka kan memiliki hak utk mendapat keadilan….

    • mungkin jika ada rasa solidaritas sedikiiiitt saja, keadaan negara ini akan lebih baik.

  34. orang miskin tidak boleh sakit…
    biayanya mahal..

    Hak asasi manusia tercabut untuk orang miskin…

  35. kak isinya juga donk

  36. kk,, yg mana haknx??.,, dan yg mana pula kewajibannx kk??,, jd kmi ssh mmbdkn mana yg hak dan mana yg kewajiban…??,, tlong di kasih tau y kk… :D
    tank’s

  37. thans yahudah buat web ini berkat kmu pr ku udah selesai gak perlu susah2 cri di buku :)

  38. Aaaaah, lega tugasku sudah tugasku sudah selesai……………….wkwkwkwkwkwkwkwkwk…….ada nilai deh dari guru

  39. sebaik nya lebih lngkap dngan teks nya

  40. kalai mau menjadi negara yang makmur dan mensejahterakan rakyat…hukum islam lah yang harus ditegakkan dengan mendirikan negara khilafah…..

    • Namun perlu dipahami, Indonesia BUKAN negara islam, meskipun mayoritas warganya islam. Indonesia memiliki berbagai macam agama dan kepercayaan. Saya disini tidak mau berdebat tentang hukum agama. Saya sendiri islam, belum tentu setuju kalau misalnya tiba-tiba undang-undang negara ini berubah berdasarkan suatu sudutpandang agama tertentu. Saya rasa banyak orang berpendapat demikian.

  41. karya ini sangat bgus. dgn mmbca ny org2 akn lbh trtarik untk mmpljari ham, , jgn d hlang2 kan mak na kbbsan.trma ksh

  42. thanks atas halaman web nie

  43. fhyea alfiah andeleuw : saya sangat tidak setuju dengan jawaban anda bahwa tidak adil, karna korupsi itu di ambil uang yg bisa di gunakan untuk kepentingan yg besar. sedangkan yg mencuri sapi itu, sudah pasti yg punya sapi orang susah. bagaimna sedih’a orang yg susah harta’a di ambil. apa korupsi itu di ambil negara langsung jatuh miskin

  44. Laman ini telah membantu z yach mengerjakan tugas z yach thanks yahhhhhhh

  45. betul sop kita sebagai warga negara yg baik tapi(HAM) kita masih di tindas

  46. makaassih .. tugaas.kuu terbantuu sekaLi ^^,

  47. Setiap manusia memeiliki kedudukan dan hak yg sma dalam hukum,,,,,tpi keagx d negara kita secra praktek blum terlaksana,krna smpe skrg hukum selalui di kaitkan dengan latar belakang sttus sosial,,,
    misal ne yeagh;;
    org yg mencuri sapi ajah smpe di hukum bertahun-tahun gitu,giliran yg korupsi di lindung2gi,,,,,nda adil bget kand…?
    jadi jkita sebagai generasi,,,mari bersama menegakkan keadilan hak kita dlm hukum,,,,dengan berpedoman pda pancasila,,,,,,!!!!!!!

  48. ruhul revina rahayu

    mw nyy…
    bnyakin lgii pasal2 ny.. :D

  49. dewantara muda

    Pada ngawur semua

  50. muh basir :

    hukum negara jgn d campur adukkan dgn hukum agama..
    Ingat negara kita adalah negara hukum bukan negara yg berdasarkan agama..
    Dan perlu di pahami agama ada suatu keyakinan bukan paksaan… Dan rasul jg nggak pernah memaksakan kaumnya untuk masuk agamanya..
    D pikir dl sebelum bgicara…

    Terima kasih banyak telah berkunjung ke blog saya. Menanggapi komentar anda, sebenarnya itu tertuju pada saya atau siapa ya #authorkumatlemotnya
    Jika itu tertuju pada saya, sebelumnya ma’af, Namun sepertinya tulisan di rubrik ini tidak mengandung unsur pemaksaan hukum agama terhadap negara. Sekali lagi ma’af ya, kalo saya kurang paham mahsud anda. Terimakasih :)

  51. nabil malik :
    gua sebagai pelajar disalah satu smk di kuningan mina hak saya atas pasilitas komputer
    uang sudah masuk tpi gak ada satu pun komputer di lab tkj
    apa itu yang dinamakan hak??????
    makasih……………………

    jangan melihat dengan satu sisi aja. lihat dari sisi lainnya juga. apakah uang yang sudah di masukkan itu cukup untuk membelikan sebuah komputer? mungkin aja ada kendala keuangan, jadi macet (mungkin). di sekolah saya juga gitu. bayar udah mahal (lebih dari 500 ribu, dan ini baru satu orang, sebulan, dan muridnya ada banyak) Ac gak dingin, komputer di lab terbatas (masih mending :>) pintu kelas rusak, ruang kelas sempit (udah kayak di tempat les gitu, tapi seru juga sih, jadi lebih enak pas kbm). study tour cuma sekali ~XD hahaha.

  52. mujahid :
    ini ajaran kafir. pancasila jelas bertentangan dengan islam. hukum Alloh tidak ditegakkan disini. kalau ingin selamat berpegang teguhlah pada hukum islam. jangan UUD dan Pancasila. karena itu kafir

    Weittsssss, yang menghuni negara Indonesia kan bukan hanya orang Islam ajaa, jangan jadi otoriter gitu doong :>

  53. nisa :
    kalo gw iah…….sebagai warga negara yang baik…..kita diberi kebebasan HAK.
    tapi napa hak kita (HAM) kita sampe saat ini masih ditindas……
    orang2 yang berkompeten di blok………g bisa……..bicara bebas…..
    n yang lebih parah nya lagi dibunuh……..
    dengan motif sakit……….
    kan g masuk akal……..so percuma dunk’z ada UUD HAM?????

    Hei hei, bicara secara bebas itu juga ada peraturannya looh. harus bertanggung jawab dengan apa yang dibicarakan.

    dibunuh? kasus mana tuh? :O

  54. in my opinion :)

    Ngungkapin pendapat boleh kan? hohoho ^0^

    Seperti yang kennedy bilang: “Don’t ask what your country can do for you, ask what can you do for your country!”. Jangan bisanya jadi parasit yang hanya menuntut apa yang negara bisa lakuin buat kita. Emangnya prestasi membanggakan apa yang udah kita lakuin buat bela negara?

    No komeng buat HAM. karena yang gue tau tentang HAM, itu gak lebih dari suatu aturan yang bikin kita susah disiplin dan susah buat maju (menurut sisi pandangan negatif gue). di sisi lain, (sisi positif pandangan gue) karena ada HAM guru gak akan berani gebukin anak murid yang males ngerjain pr (tapi kalo dilihat lebih jauh lagi, yang positif ini bisa berlanjut ke negatif, yah, tergantung individunya sih. ha ha).

    sekian dulu deh kayaknya yak, hehe :P

    btw, buat author blog, makasih untuk postingan pasal UUD nya :D

  55. hukum negara jgn d campur adukkan dgn hukum agama..
    Ingat negara kita adalah negara hukum bukan negara yg berdasarkan agama..
    Dan perlu di pahami agama ada suatu keyakinan bukan paksaan… Dan rasul jg nggak pernah memaksakan kaumnya untuk masuk agamanya..
    D pikir dl sebelum bgicara…

  56. menarik??????bgetz

  57. gw sebagai warga negara yang baik….. semua nya harus mempunyai hak tapi kenapa hak kita sampe sekarang gak ada

    please,do not pack in taking our rights !

    • @mata cinta : iya memang belum semua dari hak kita sebagai warga negara terpenuhi, tapi sudahkah kita menjalankan kewajiban sebagai WNI dengan benar? kalo saya si belum :D

    • kawan bisa tolong kirim hak dan kewajiban dalam UUD pasal berapa, ayat berapa dan berikan kesimpulan pada uraian tersebut.
      kirimkan melalui e-mail saya: mochohackerlovaya@ymail.com.

      sebelumnya tks, I love you…Allah s’lalu memberkatimu tuk menjalankan hidup.

  58. namanya juga hak.
    Hak individu dengan individu yang lain kan g sama.
    contoh: suka makan yang pedes” silahkan tidak ada paksaan, suka yang manis silahkan.
    tegaknya atau tidak tergantung kembali kepada individunya
    yang penting sekarang udah lebih bebas dibanding orde terdahulu,menghargai perbedaan. tidak ada paksaan penyeragaman ideologi, karena siang dan malam aja uda beda.

  59. Sistem apapun tidak ada yang salah
    yang salah yang menyalahgunakannya,
    pisau tergantung yang menggunakan. Warga Negara yang baik
    yang santun budi pekertinya, merubah diri sendiri (yang kecil dulu)

    banyakan teori seperti angan dan mimpi
    kami tidak bermimpi karena tuhan menciptakan negeri ini
    tinggal akhlak manusianya saja yang dibenahi, semua milik Allah akan kembali kepadanya
    para pejuang kemerdekaan, kamilah penerusmu! darah dan hartamu yang kau perjuangkan di jalan Tuhan yang Maha Esa (Allah) tidak akan sia-sia. bangkit kembali semangat pemuda, bangkit untuk merdeka,(independen) mari bersatu saudara sebangsa dan setanah air untuk Nusantara. (NKRI tempoe doeloe)

  60. wahh banyak yg udah komentar neee…..

    mkasih buat infonya
    jadi,tugas saya jadi mudah dehhh
    hehehehe.wkwkwkw??

  61. wah apakah nee info btull ya..?????
    k’lau betul makasih ats just Info…..
    hehehehehe

  62. wesh mantap tu i like it

  63. kalo bisa, antara hak dan kewajiban dipisahkan dengan hak asasi manusia.
    makasih. . :)

  64. www.syamsvirgo@yahoo.com

    di indonesia negara kita tercinta indah ini mengapa masih banyak orang miskin,fakir.dimana………….. Perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

  65. SELESAIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII O.o

  66. hah, selesai deh tugas ku

  67. untuuuuuungg aja ada, klw gk, bakal di marahin deh :)

  68. robert enstein van luwer

    wow i have done my job thanks

  69. makasih banget ya

  70. sangat terbantu denga tulisan ini
    terima kasih banyak:)

  71. kk ko di singkat ….

    tpi thanks kk udh ngasi info nya ya…

  72. klu mau lebih lengkapnya
    ketik aj UUD 1945 trbaru
    karena UUD 1945 dah 4 kali di amademen
    dan itu membuktikan bahwasanya hukum qta fleksibel

  73. AngeLic NoThink

    ,thankz,,,,,, tugas saiia jadi terselesaikan,,,,

  74. thak’s y ka berkat info dri kaka akhir y tgas q slesai jga ,,,, ^_^

  75. thanks y , Q jadi bisa krjain t9s

  76. Rangga Amirruloh Muslim

    Bisa di komplitan lagi tengtang uudnya

  77. terimakasih yaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. akhirnya beres jg ni tugas…

  78. Kalo bisa, antara hak dan kewajiban dipisahkan.
    Haknya pasal-pasal berapa aza, Kewajibannya juga pasal-pasal berapa aza.
    Arigatoo.

    • ya bisa.. kan hak dan kewajiban beda. pasal yang saya tuliskan tersebut didalamnya terdapat hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Cobalah buka buku kecil undang-undang anda. Terimakasih

  79. kerenn dehh bwt informasinyaa !!
    like this

  80. thanks bget bos udah bantu ngerjain soal!

  81. ya jelas pancasila dan UUD 45 hukum buatan manusia. bukan hukum ALLOh. jelas ini kafir.
    kita harus bisa mengubahnya

  82. ini ajaran kafir. pancasila jelas bertentangan dengan islam. hukum Alloh tidak ditegakkan disini. kalau ingin selamat berpegang teguhlah pada hukum islam. jangan UUD dan Pancasila. karena itu kafir

  83. welleeeeehhh weleeeeehh…. kesadaran akan hak asasi pribadinya kental bgt cuyyy…. thanks yaaa,,, saya terbantu bgt neh ,,, bisa jadi gampang nyelesein tugas ….. chayoooo

  84. thx bgt bwt info_na..trbantu bgt bwt tgs PKN… :-)

  85. thank you. tugas PKN terselesaikan

  86. makasih ya . pr Pkn gw tmbah entengg . hahaha
    makasih !

  87. thank’s ya bsa tuk di copy ….

  88. , . thank you ats infonya pr qu jdi tmbah mdah dech, . .
    hehehe, . . . .

  89. » Terimakasih sudah berkunjung di blog saya

  90. lengkp ang et,5 ksh eoo

  91. terima kasih atas infonya. dapat membantu tugas saya. sbenernya aku butuh isinya juga tp ga papa deh,ini udah ckup bantu aku

  92. UNNIK KURNIAWAN

    mo kaseh mang

  93. thanks ya infonya… i love you full

  94. Thankz yhaw taz info’y..

  95. oke,oke,,thanks ya infonya . .
    sbenernya aku butuh isinya juga tp ga papa deh,ini udah ckup bantu aku ,

  96. nabil malik

    gua sebagai pelajar disalah satu smk di kuningan mina hak saya atas pasilitas komputer

    uang sudah masuk tpi gak ada satu pun komputer di lab tkj

    apa itu yang dinamakan hak??????

    makasih……………………

  97. Isinya Juga Dong
    Tugas kan mintanya isinya..

    Hehe
    Thx tp yah

  98. Thanx buat infonya…cukup membantu tugas saya (walaupun sedikit hehehe)

  99. kalo gw iah…….sebagai warga negara yang baik…..kita diberi kebebasan HAK.
    tapi napa hak kita (HAM) kita sampe saat ini masih ditindas……

    orang2 yang berkompeten di blok………g bisa……..bicara bebas…..

    n yang lebih parah nya lagi dibunuh……..
    dengan motif sakit……….
    kan g masuk akal……..so percuma dunk’z ada UUD HAM?????

    • loq menurut gw sih, uud ham saat ini belum terlaksana secara penuh, buktinya masih banyak penindasan bagi orang-orang yang lebih lemah… pesan gw kepada semuany, aturlah dirimu terlebih dahulu, kemudian keluargamu, setelah itu semua dapat lho penuhin bru lho bakalan bsa mengatur orang banyak………….

      n kepada penulis thanks ya tgas q udah kelar nih……..

  1. Pingback: V. WARGANEGARA DAN NEGARA | World Of Arch

  2. Pingback: Ilmu Sosial Dasar 4 | chandrawahyukartikasari

  3. Pingback: Ilmu Sosial Dasar Tugas #4 | annisazainal

  4. Pingback: TUGAS KE 4 ( BAB V WARGANEGARA DAN NEGARA ) « pricelifes

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 131 other followers

%d bloggers like this: