Cara Penulisan Laporan Ilmiah

Format laporan ilmiah
Ada berbagai macam format penulisan .Namun perbedaan di antara format format yang ada jangan terlalu dipermasalahkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Pembaca dapat memahami dengan jelas bahwa penelitian telah dilakukan tujuan dan hasilnya.
  2. Langkah – langkah medannya jelas , agar jika pembaca tertarik dapat mengulang kembali.

Pada dasarnya ada dua bentuk sistematika penulisan ilmiah ,Yaitu penulisan proposal penelitian dan laporan hasil penelitian . Pada umumnya sistematika penulisan proposal penelitian danpenulisan laporan penelitian sebagai berikut :
Bagian awal

  1. halaman judul
  2. Halamn persetujuan dan pengesahan (pada laporan penelitian ,sebelum halaman kata pengantar dicantumkan intisari /abstrak)
  3. Halamn kata pengantar atau prakata
  4. Daftar isi
  5. Daftar tabel (jika ada)
  6. Daftar gambar (jika ada)
  7. Daftar lampiran (jika ada)

Bagian Utama
BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Ruang lingkup
  5. Manfaat penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

  1. Landasan teori/ tinjauan teoretis
  2. Kerangak teori
  3. Kerangka konsep
  4. Hipotesis atau pertamyaan penelitian (jika ada hipotesis)

BAB III METODE PENELITIAN ATAU CARA PENELITIAN

  • Jenis penelitian
  • Populasi sample (untuk penelitian disertai unit penelitian )
  • Variabel penelitian (untuk penelitian laboratorium / eksperimental, sebelum variabel penelitian dicantumkan bahan dan alat)
  • Definisi operasioanal variabel atau istilah –istilah lain yang digunakan untuk memberi batasan operasional agar jelas yang dimahsud dalam penelitian itu.
  • Desain / rancangan penelitian ( tidak harus , kecuali pada penelitian eksperimental)
  • Lokasi dan waktu penelitian
  • Teknik pengumplan data.
  • Instrumen penelitian yang digunakan
  • Pengolahan dan Analisis data

Khusus laporan penelitian dilanjutkan dengan bab IV -VI berikut ini :

BAB IV – HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V – KESIMPULAN DAN SARAN

BAB VI – RINGKASAN

Bagian Akhir

1. Daftar pustaka

2. Lampiran – lampiran;

  • Instrumen penelitian
  • Berbagai data sekunder yang diperlukan
  • Anggaran penelitian
  • Jadwal penelitian
    1. Post yang Anda Tulis Sangat Membantu Saya.. Jangan Lupa Kujungi Blog saya ^^ Sankyu!!

      http://aikawafaith.blogspot.com/

    2. teknik penyusunan nya itu gimana
      itu kan cuma cara nya aja

    3. Infonya brguna bnget sob,tp yg ane pusing cara buat tinjauan pustaka itu hrus mulai dri mana???mhon info scptnya..ok

    4. .
      trimakasih………..

    5. thanks a lot! kinda helping :D

    6. Terima kasih atas informasinya ya :)
      Informasi nya sangat membantu…

    7. Alfi cah andalas

      mb, contoh laporan ilmiah ada gak? kalau ada tolong di upload biar bisa buat contoh kami yang belum tahu!

    8. ada contohnya gak ya ?????????

    9. Jay, (Timor-Leste)

      Sangat bermanfaat

    10. Raka Ryandika

      Apa yg beda dalam laporan penelitian ilmiah?

      • bedanya laporan ilmiah itu jenisnya mas. nah contoh dari laporan ilmiah adalah laporan penelitian ilmiah, laporan jurnal ilmiah, atau laporan karya ilmiah dsb.

    11. laporan penelitian ilmiah dan karya tulis ilmiah itu sama ya?
      saya kemarin abis ke pembudidayaan jamur, terus suruh bikin laporan penelitian, pas saya nanya apa yang suruh buat itu karya tulis? katanya bukan, beda. katanya dari kerangkanya udah beda.
      kalau boleh tau bedanya di mana ya? makasih.

    12. Kayaknya kenal nih ma yang punya blognya,
      haha…

      Btw, infonya sangat diperlukan…
      thanks..

    13. Mas bisa ngga memberikan gambaran, membuat laporan ilmiah ??

    14. Adiguna :

      teteh, aturan font, header footer ada nggak?

      Mas adiguna , untuk masalah font dan ukurannya sepertinya tidak dipermasalahkan, yang penting tidak terlalu berlebihan, dan biasanya dalam penulisan laporan ilmiah font yg digunakan adalah font yang biasa di gunakan pada media2 cetak. Seperti Times new roman

    15. teteh, aturan font, header footer ada nggak?

    16. thx gan infonya sangat membantu banget gan . .

      kalo ada infonya info lagi gan

      kkt asean bali

    17. bagian akhir yang daftar pustaka itu tidak masuk dalam bab ya??

    18. adoh kok cma caranya aja ? minta contoh jadi nya jg dong .

    19. kalau bisa sih… d kasi contohnya juga biar lebih lengkap,, mksi

    20. gak ngerti ngerti euy….

    21. educator :
      Ah, tidak lengkap! artikel semacam ini sudah umum. tulis yang lebih bermanfaat dong! misal, apa saja aspek2 yang harus disajikan dalam penulisan latar belakang, analisis, diskusi, dsb- baru bermanfaat, jangan menulis yang umum-umum saja. sudah banyak.

      /thumb

    22. memey shelova

      neh bsa mnmbah wawasan aquuuh,soalnya bentr age mw but laporan guys

    23. bagus, bleh kand q lyad

      ……ckckckckckkckckckck

    24. yahh kasih keterangan nya 1 1 dong biar gampang saya terbantu dengan ada nya artikel ini tapi agak sulit karena tidak ada keterangannya ^^

    25. hampir sama dngan yang di kasih guruku,,,,,,,,,

    26. wahh aq pinginya definisi yang lebih lengkap…. seperti tujuan dan manfaat dari penyusunan laporan……

    27. Ah, tidak lengkap! artikel semacam ini sudah umum. tulis yang lebih bermanfaat dong! misal, apa saja aspek2 yang harus disajikan dalam penulisan latar belakang, analisis, diskusi, dsb- baru bermanfaat, jangan menulis yang umum-umum saja. sudah banyak.

    28. wahhhhh………..ne yg gw cari dari kemaren cuy….!!!!

    Komentar untuk penulis

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Join 142 other followers

    %d bloggers like this: