PHP – Membuat citra grafis text dengan format font

Pada tutorial kedua ini, untuk kategori rekayasa grafis dengan PHP, kita akan mencoba membuat citra(gambar) yang berelement text dilengkapi dengan format font.
*(nb) Sebelumnya silakan copy paste dahulu jenis font yang anda inginkan kedalam direktori kerja anda. Misalkan , file keja anda “latihan2.php” berada di folder PHP, maka copy-pastekan dulu file font yang anda inginkan juga di folder PHP. Namun dalam tutorial ini saya meletakkan file font pada folder “font”, artinya, anda buat folder baru bernama “font”, dan paste-kan file font anda kedalamnya.

Source codenya adalah :

<?php
header("Content-type:image/jpeg");
$bg= imagecreate(300,50) or die ("tidak ada dukungan pustaka GD!");
$alokasi_bg_color=imagecolorallocate($bg,255,255,255);//warna putih
$alokasi_text_color=imagecolorallocate($bg,0,0,0);//warna hitam
$cetak= "belajar grafika php";
$huruf="font/contohfont.ttf";
/* file font berada pada direktori font, dgn nm contohfont */
imagettftext($bg,18,0,5,15,$alokasi_text_color,$huruf,$cetak);
imagejpeg($bg);
imagedestroy($bg);
?>

*(penjelasan) file di atas akan menciptakan sebuah gambar berformat JPEG, karena headernya dibuat JPEG. Fungsi imagecreate(), digunakan untuk membuat gambar awal, pewarnaan gambar awal diambil dari pengalokasian warna yang pertama, di sini alokasi pertamanya adalah $alokasi_bg_color=imagecolorallocate($bg,255,255,255); menghasilkan warna putih. Berbeda dengan membuat citra grafis yang sebelumnya, di sini fungsi yang digunakan untuk mencetak text bukan lagi imagestring() tetapi imagettftext().

Fungsi imagettftext(); memiliki 8 elemen, yaitu, (*source, besar font, posisi dlm derajat, posisi_x, posisi_y, warna, jenis font, string yang akan dicetak).

Preview dari kode di atas akan muncul seperti ini :

About Lin

SG | ID | Illustrator | Beauty Blogger | Skincare anthusiast

Posted on 26 May 2012, in Website and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar untuk penulis