[share] Soal UAS Pendidikan Pancasila th.2011

[share] Soal UAS Pendidikan Pancasila th.2011 Unnes.

Semangat UAS, ini saya dapat soal tahun 2011, siapa tahu bisa menginspirasi yang mau ujian Pendidikan Pancasila semangat ya.

(saya juga)

1)

a)      Sidang pertama BPUPKI agendanya adalah membahas tentang “dasar negara”. Dalam buku pendidikan pancasila, tgl 29 mei 1945 Prof. Mr. Moh Yamin telah merumuskan dasar Pancasila. Tgl 1 juni 1945 Ir. Soekarno juga mengusulkan dasar pancasila. Jika dinalar secara logika, sesuatu hal yang telah ditemukan oleh pihak pertama Moh Yamin, mestinya pihak kedua tidak perlu ikut menentukan hal yang sama. Bagaimana komentar anda dalam hal ini. Jelaskan!.

b)      Jelaskan apakah ada kaitannya antara Tujuan Nasional Bangsa Indonesia , Tujuan Pendidikan Nasional, dan Tujuan Pendidikan Pancasila.

2)

a)      Ideologi Pancasila bersifat “tertutup” karena Pancasila tidak bisa dirubah oleh siapapun termasuk MPR juga tidak bisa merubah Pancasila. Bagaimana komentar anda terhadap hal ini, jelaskan.

b)      Kita mengenal bahwa Pancasila sebagai sistem filsafat. Syarat-syarat apa sajakah yang harus dipenuhi agar Pancasila dapat dissebut sebagai sistem filsafat. Jelaskan!

3)

a)      Apakah ada kaitannya antara 4 pokok pikiran dalam pembukaan UUD 45 dengan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Jelaskan !

b)      Pelaksanaan pencasila secara “subjectif” dan “objektif” . Mana dari dua hal tersebut yang penting? Jelaskan pendapat anda!

4)

a)      Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Jelaskan hal tersebut relevansinya dengan pendidikan pancasila.

b)      Nilai praktis merupakan penjabaran dari nilai instrumental. Apakah hal itu ada kaitannya dengan tuntutan reformasi yang diperjuangkan oleh mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Jelaskan!

5)

a)      Kebebasan mimbar Akademik. Bahwa “ilmu tidak bebas dari nilai atau ilmu akan berkembang melalui nilai moral” . Apakah hal ini sejalan dengan moral Pancasila, jelaskan dengan contoh.

b)      Jelaskan bahwa UUD 1945 merupakan sumber tertib hukum.

About Iin aryani

I don't wanna be a "Copycat" but, something they need to copy.

Posted on 30 June 2013, in Soal-soal. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. sekalian pembahasannya dong sist

  2. sekalian pembahasannya lebih oke sist…

Komentar untuk penulis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: